Minggu, November 01, 2015
Risleting memiliki berbagai model dan ukuran yang disesuaikan dengan kegunaannya. Jenisnya yaitu risleting model biasa, risleting jepang, risleting celana jeans, dan risleting untuk mantel atau jaket. Risleting model biasa, biasanya dipasangkan dengan jahitan yang terlihat pada bagian luar. Sering digunakan untuk bukaan pada rok wanita, blus pada bagian tengah belakang, celana pria dan pakaian anak-anak.
Setiap pemasangan risleting berbeda-beda tergantung jenisnya. Yang paling mudah adalah memasang risleting biasa. Pemasangan risleting biasanya terdapat di tengah maupun bagian pinggir jahitan busana, model jahitannya pun bervariasi. Kami berikan salah satu contoh cara pemasangan risleting biasa yang paling mudah dipraktekkan.
Caranya yaitu langkah pertama, kain yang akan dipasang risleting dijahit lurus berjarak sekitar 1,5 cm dari tepi kain, panjang jahitan sama dengan panjang resleting ditambah 2 cm. Jarak jahitan dibuat jarang, karena setelah resleting terpasang, jahitan ini akan dibuka lagi (dengan alat pendedel jahitan). Jadi, jahitan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk merapikan kain, supaya nanti setelah resleting terpasang, bila ditutup hasilnya rapi seperti bekas jahitan biasa.
Langkah kedua, rebahkan kain jahitan tadi sehingga menjadi lipatan kain yang betul-betul rata. Posisi jahitan nantinya merupakan tempat posisi risleting yang akan dipasang. Untuk hasil yang bisa rapi, lipatan kain ini harus betul-betul rata, bila perlu bisa dibantu dengan disetrika, untuk jenis kain tertentu.
Cara Memasang Risleting
Cara Memasang Risleting
Sumber: http://crazylittleprojects.com

Langkah ketiga, letakkan risleting pada lipatan kain, posisi resleting menghadap kebawah, garis tengah risleting tepat pada posisi jahitan. Supaya posisi risleting tidak bergeser, ikat dengan tusukan jarum pentul secukupnya. Yang harus diperhatikan posisi garis tengah risleting harus berimpit dengan garis jahitan yang dilipat rebah tadi.
Cara Memasang Risleting
Cara Memasang Risleting
Sumber: http://purlbee.com
Langkah keempat, sebaiknya sepatu mesin jahit diganti dengan sepatu khusus untuk memasang risleting. Tetapi bila belum punya sepatu ini, bisa digunakan sepatu mesin jahit biasa (standar) yang dipakai sehari-hari.
Sepatu Mesin Jahit
Sepatu Mesin Jahit
Sumber: http://griyahobifitriaa.blogspot.com

Langkah kelima, menjahit risleting dimulai dari ujung resleting yang bisa membuka, menuju pangkal risleting yang terkunci. Jahit salah satu sisi dulu yang mudah, lazimnya sisi kiri lebih dahulu. Hati-hati, sebelum jarum mesin sampai posisi jarum pentul, terlebih dahulu berhenti sejenak mencabut jarum pentulnya supaya tidak terkena jarum mesin jahit. Setelah sampai pangkal risleting, jahitan harus dikunci. Untuk menjahit sisi lain (kanan) jangan dijahit langsung membentuk jahitan huruf U, nanti hasilnya pada kain tertentu bisa terjadi kerutan-kerutan. Jahitan sisi kiri risleting harus searah dengan jahitan sisi kanannya, supaya hasilnya kain halus dan rapi. Hindari menjahit langsung membentuk huruf U, sedikit lebih lambat, tapi hasil kerapihannya jauh sangat berbeda. Setelah sampai pangkal risleting, jahitan harus dikunci.
Cara Memasang Risleting
Cara Memasang Risleting
Sumber: http://kursusjait.blogspot.com
Langkah keenam, setelah risleting sudah terpasang dan dijahit, sekarang bukalah jahitan bantu pada langkah pertama tadi, menggunakan alat pendedel jahitan. Lakukan dengan hati-hati, bersihkan benang sisa dedelan, dan bukalah risletingnya, maka sudah terpasang dengan rapi. Bila risleting ditutup, hasilnya rapi seperti jahitan, karena aslinya memang bekas posisi jahitan pada langkah pertama.
Cara Memasang Risleting
Cara Memasang Risleting
Sumber: http://untaianmutiarailmu.blogspot.com

Selamat menjahit.
980 orangmembaca ini..
Beri KomentarPada artikel ini..