Sabtu, Oktober 24, 2015
Sesuai dengan namanya, desain busana tiga dimensi dapat didefinisikan sebagai bentuk permodelan (prototype) dari suatu busana yang dibuat dalam format tiga dimensi, yaitu memiliki matra panjang, lebar, dan ketebalan sehingga gambar tersebut memiliki volume. Bentuk pemodelan tiga dimensi ini biasanya banyak digunakan sebagai master yang dipajang pada butik maupun rumah mode. Secara tidak langsung desain busana tiga dimensi dapat digunakan untuk memvisualisasikan kondisi sesungguhnya dari suatu busana yang akan dibuat. 
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : https://www.etsy.com
Proses pembuatan desain busana tiga dimensi sendiri, secara keseluruhan dilakukan dengan menyusun bahan tekstil dan pelengkapnya sehingga menghasilkan bentuk pemodelan suatu desain baju kedalam skala yang lebih kecil. Umumnya dibuat dalam skala ½.
Untuk merancang desain busana tiga dimensi pertama-tama siapkan presentation drawing pada kertas duplex dalam skala ½ ukuran S dan diberi warna dengan cat air. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan senatural mungkin pada gambar yang dihasilkan. 
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : https://fabulousdarlingblog.wordpress.com/
Setelah proses pewarnaan selesai dan cat air yang ditorehkan keatas gambar mengering, selanjutnya pisahkan antara bagian anatomi tubuh yang tidak tertutup baju (seperti tangan dan kepala) dengan bagian baju. 
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : http://www.aspotofwhimsy.com
Gunting kain dengan menggunakan pola busana yang dibuat dari gambar desain baju sebelumnya.
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : https://sadiethesewingmachine.wordpress.com/
Jahit potongan-potongan kain hingga membentuk suatu busana, kemudian tambahkan aksesoris lain seperti payet atau korsase. Balut potongan kertas bagian badan yang telah disiapkan dengan miniatur baju yang telah dibuat.
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : http://retrobellish.com
Satukan bagian badan (baju) dengan bagian tangan dan kepala. Untuk memberikan kesan tiga dimensi yang lebih baik sisipkan kapas atau dacron pada bagian tubuh tertentu yang menonjol.
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : https://bukalapak.com
Setelah tersusun dengan rapi tempelkan gambar tersebut pada kertas duplex menggunakan lem kayu atau lem kain. 
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : https://www.etsy.com
Sebagai penyelesaian akhir, tambahkan bingkai untuk menyempurnakan tampilan desain busana tiga dimensi tersebut.
Desain Busana 3 Dimensi
Sumber : https://www.etsy.com
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
980 orangmembaca ini..
Beri KomentarPada artikel ini..