Meningkatnya permintaan pasar akan produk fashion yang berkualitas tentu menjadi sebuah tantangan sekaligus dukungan yang positif terhadap perkembangan industri fashion
baik di dalam maupun luar negeri. Sejauh ini negara Indonesia sudah
memiliki beberapa merek lokal yang berjaya di dunia internasional, mulai
sabbatha, bin house, mama and leon, ouval research, bagteria, dan mimsy
yang dipasarkan di kawasan Asia bahkan Eropa.
Sabbatha
Sabbatha merupakan produk hand bag
berbahan dasar kulit yang dipadukan dengan berbagai batu-batuan, ukiran
perak, maupun material lain yang menonjolkan kekayaan alam Indonesia.
Tas sabbatha yang terlahir dari hasil karya putra Indonesia bernama
Sabbatha Rahzuardi Maya Dwianto, ternyata sangat diminati oleh para
konsumen diberbagai belahan dunia seperti Mumbai, Hawai, Amsterdam,
Milan, Sydney, Tokyo dan Moskow. Bahkan sosialita dunia seperti Katie
Holmes dan supermodel Elle Mc Pherson rupanya juga memiliki ketertarikan
tersendiri terhadap tas sabbatha yang terbilang unik dan eksklusif.
Sumber : http://devinarizkakusuma.blogspot.com
Bin House
Salah satu brand fashion Indonesia yang terkenal dipasaran luar negeri dengan batik kontemporer dan kain tenun tradisional adalah Bin House yang didirikan oleh Josephine Werratie Komara. Saat ini kain
tradisional dari Bin House sudah banyak dimanfaatkan untuk membuat
berbagai produk ready to wear seperti syal dan rok dengan motif sarong.
Selain dipasarkan di Indonesia, produk-produk dari Bin House rupanya
juga dapat dijumpai di Singapura dan Jepang.
Sumber : http://orindonesia.blogdetik.com
Mama and Leon
Mama and Leon merupakan produsen tekstil
dan garment yang didirikan oleh wanita asal Bali bernama Erlina Kang
Adiguna. Meski pada awalnya hanya memproduksi pakaian wanita secara home
industry, namun produk Mama and Leon yang terkesan chic dan elegan
dengan berbagai detail dan hiasan aplikasi seperti bordir, sulam, dan
lukisan tangan, saat ini dapat dijumpai di pasaran Amerika Serikat,
Inggris, dan beberapa negara lain yang terletak di benua Asia.
Sumber : http://www.giladiskon.com
Ouval Research
Ouval Research merupakan akronim dari
“Originality for Understanding Viction and Artificial Language” yang
memiliki filosofi semangat, spontanitas, kebersamaan, dan semua hal yang
diidentikkan dengan gaya remaja dan anak muda. Berawal dari keinginan
untuk memenuhi kebutuhan komunitas skateboard, M. Rizki Yanuar, Firman
Firdaus, dan Arif Maskom mulai memproduksi kaos dan sweater yang identik
dengan gaya street style pada tahun 1997. Hingga saat ini produk Ouval
Research juga banyak di expor hingga Singapura dan Jerman.
Sumber : http://jelajahsurabaya.blogspot.com
Bagteria
Salah satu produk fashion
Indonesia yang menjadi incaran para selebritis Hollywood hingga
sosialita dunia adalah tas berlabel Bagteria buatan Nancy Go. Selain
mendesain, Nancy juga terlibat dalam proses produksi Bagteria yang
secara keseluruhan dibuat dengan tangan. Bagteria yang pertama kali
diluncurkan di Hong Kong pada tahun 2000, saat ini tersebar di berbagai
negara termasuk Italia, Prancis, Inggris, AS, Jepang, dan Kuwait.
Sumber : http://auctionatrium.com
Mimsy
Mimsy merupakan produk tas yang diciptakan oleh seorang desainer
Indonesia bernama Christyna Theosa. Berawal dari hobi mendesain yang
digelutinya sejak tahun 2003, mahasiswi yang menimba ilmu di Art Center
College of Design Pasadena, Amerika Serikat kemudian mulai membuat
clutch dengan label Mimsy pada tahun 2004. Dibawah label Mimsy, produk
tas yang ciptakan oleh Christyna Theosa nyatanya mampu menembus pasaran
Amerika (New York, Los Angeles, Chicago), Jepang, Malaysia.
Sumber : http://wennie-minnie.blogspot.com
Melihat banyaknya produk-produk
Indonesia yang diminati oleh pasar Internasional, tentu menjadi sebuah
kebanggaan tersendiri yang patut untuk disyukuri. Semoga saja dalam
beberapa tahun kedepan akan semakin banyak lagi produk Indonesia yang
dikenal luas oleh masyarakat diseluruh dunia.
Semoga bermanfaat